Friday, April 29, 2016

Flappy Bird

Ada yang tahu game Flappy Bird yang dulu sempat nge-trend banget? Itu lho, game yang simpel, ga perlu mikir, bisa dimainin tanpa koneksi, agak nyebelin (apalagi suaranya!), tapi bikin banyak orang kecanduan.

Ternyata, game Flappy Bird itu gampang banget dibuatnya. Terinspirasi dari game original-nya, gw pun mencoba bikin Flappy Bird yang lebih simpel, buat bahan pembelajaran gw.

Game Flappy Bird jadi-jadian ala gw ini gw buat dengan Construct 2. Prosesnya sangat mudah dan sangat singkat. Untuk orang yang benar-benar awam, maksimal hanya memakan waktu 1 jam. Yang sudah profesional mungkin cuma butuh 10 menit. SERIUS! Makanya cocok banget buat newbie kaya gw.

Penasaran, kan? Hmm... kira-kira beginilah tool-nya:
Construct 2: UI Layer
Construct 2: Event sheet

Tutorial membuat game ini dan banyak game lainnya dengan Construct 2, bisa dilihat di SINI. Berhubung gw masih baru belajar, gw belum tahu apa kelebihan dan kelemahan Construct 2game apa yang bisa / ga bisa dibuat, dan banyak hal dasar lain yang menjadi pertimbangan dalam pembuatan game.

Berikut hasil game Flappy Bird buatan gw. Walaupun masih banyak kekurangan, seperti tidak adanya animasi, high score, leader board, dan lainnya, tetapi basic functionality nya sudah ada. Dan menurut gw, Flappy Bird gw jauh lebih mudah dibanding Flappy Bird aslinya karena bolongan pipanya jauh lebih besar. Biar yang main ga frustasi banget. Hehehehe. 

Gw berharap, semoga someday gw bisa dapet ide cemerlang dan bikin game gw sendiri!

Intruksi:
  • Klik 'Play game!' untuk memulai permainan.
  • Klik / tap screen agar burung dapat terbang lebih tinggi.


Ide permainan, gambar, maupun audio dari game di atas, adalah hak cipta pemiliknya masing-masing.

Hayooo... berapa score paling tinggi kalian?
PS: Main di komputer lebih mudah dibanding main di smart phone! :D

2 comments: