Tuesday, June 15, 2010

Aneka Tips: Belajar dengan Pintar

Gw tergolong orang males dan ga bisa konsentrasi dalam satu hal terlalu lama. Khususnya sama hal yang satu ini: Belajar buat ujian! Bisa konsentrasi 15 menit aja udah bagus. Kadang, pas lagi baca-baca, pikiran gw melayang ke mana-mana.
Uuuh.. pengen makan ini.
Pengen nonton film itu. Kapan ya enaknya ke bioskop?
Duh, lagu itu liriknya gimana, ya? Kok tiba-tiba lupa. *Sambil buka youtube*.
Coba cek facebook dulu, barangkali ada yang komen. *Tapi cek facebook berubah jadi ajang maen game dan liatin foto-foto temen*.
Eh, gosip si Ariel - Luna udah sampe mana, ya?
Dan seterusnya, dan sebagainya, dan lain-lain...
Ujung-ujungnya berakhir dengan: Ah capek ah, belajarnya besok aja deh. Kan masih ada hari esok =D

Dikarenakan hal-hal di atas, gw biasa belajar beberapa jam sebelum ujian mulai. Misal, ujian mulai jam 11 pagi, gw baru mulai belajar jam 6 atau jam 7 pagi. Dengan gitu, otak gw dengan agak terpaksa, menuruti keinginan sang hati untuk belajar.

Banyak yang nanya: Emang bisa ya, belajar cuma beberapa jam gitu? Yah.. mau gimana lagi, udah kebiasaan dari SMP.  Bisa karena biasa, kan? =P.

Supaya bisa menghemat waktu persiapan ujian, ada beberapa poin penting yang mesti diperhatiin:
  • Pertama-tama, sebisa mungkin jangan bolos kelas, apalagi kalo dosennya sering nerangin di kelas. Perhatiin dosen dan catat poin-poin penting. Hal ini penting buat menghemat waktu persiapan ujian nantinya.
  • Kalo dosen nerangin topik yang sama berulang-ulang atau fokus pada topik tertentu pada jangka waktu yang agak lama, tandai bagian tersebut. Kemungkinan besar itu soal ujian!
  • Kerjakan soal-soal latihan yang dikasih dosen. Kalo males? Hmm.. copy punya temen aja dan pastikan jawabannya bener.

Ga kerasa, bentar lagi ujian! Huaaa... gimana donk? Tenang... Coba ikutin tips di bawah ini:
  1. Makan dan tidur yang cukup sebelum belajar. Biar mood belajarnya bagus =D.
  2. Fokus ke tips-tips yang dikasih dosen dan topik-topik penting yang udah ditandain. Cari informasi yang lebih mendalam, dari buku atau Internet misalnya. Kalo soal hitungan, banyak-banyak latihan. Practice makes perfect. Tips tambahan: Andalkan feeling :D, tanyakan ke diri sendiri: Kira-kira topik ini bakal keluar ga, ya?
  3. Kalo ada waktu, coba lihat kembali soal-soal latihan yang dikasih. Kalo ga punya jawabannya, bisa tanya paman google. Kalo udah ga ada waktu, lupakan saja. Jangan terlalu dipikirin, ntar stress. Hehehe...
  4. Jangan menghafal. Cobalah untuk memahami. Kalo memang pelajarannya sangat teoritis, hafalkan poin-poinnya saja. Biar lebih mudah buatlah menjadi singkatan atau kalimat lucu seperti: Warna pelangi, merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-ungu yang biasa disingkat menjadi me-ji-ku-hi-bi-ni-u. Unsur kimia golongan IA terdiri dari H, Li, Na, K, Rb, Cs, dan Fr. Biar lebih mudah diingat, dibuat menjadi menjadi HaLiNa Kawin Rubi Cs Frustrasi.
  5. Kenali cara belajar yang efektif buat diri sendiri. Masing-masing individual punya cara belajar sendiri-sendiri. Yang seneng gambar, mungkin bisa menggambar poin-poin pentingnya. Bisa juga merekam poin-poin yang dibutuhkan dan memainkan ulang. Atau merangkai poin-poin penting menjadi sebuah puisi / lagu. Atau yang simpel, mencoba menulis ulang poin-poin penting. Poin ketujuh ini ga susah, tujuannya cuma inget-inget apa yang udah dosen ajarin aja kok.
  6. Terakhir, jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar. Usahakan untuk rileks paling tidak sepuluh menit sebelum ujian dimulai.
Intinya, study smart, not study hard. Cukup belajar yang dirasa perlu dan penting saja. Ga perlu lama-lama, 1-2 jam cukup, yang penting konsentrasi.

Buat semua yang lagi ujian, good luck! Semoga sukses.

*Tidur dulu ah, besok baru belajar =D*

10 comments:

  1. Good luck, Stephanie!
    Tidur yang cukup, makan yang banyak.
    :p

    ReplyDelete
  2. jadi intinya ngeblog dulu... besaok baru belajar ya... aku suka banget kata2 study smart bukan study hard^^

    ReplyDelete
  3. tips yang ok banget.. makasih udah share..

    ReplyDelete
  4. Bagus nich hehehe, cuap-cuap dulu ach sebelkum otw nyuci

    ReplyDelete
  5. @dema: thanks dema :)

    @alice in wonderland: iya, aku juga suka kata2 itu. btw, salam kenal ^^

    @saidi: sama2..

    @Aguestri: hmm.. makasih udah cuap2 sebelum nyuci. hahaha.. gw udah baca cerita u tuh yg mie dan cinta. kocak abiiss! sayang ga bisa komen, ga tau kenapa komen box nya ga kebuka2. huhuhu...

    ReplyDelete
  6. inget doa sebelum nngapa-ngapain. besok2 judulnya ganti jadi belajar biar pintar.;p

    ReplyDelete
  7. kayanya nuLis postingan ini juga pikirannya Lagi ngeLantur kemana-mana nih, hehehehe... piss ach.

    ReplyDelete
  8. Nice to be here. Salam knal :) Tipsnya mantab, study smart, not study hard. Blognya aq follow yaa neng.

    ReplyDelete
  9. @Tukang Colong: pastinya donk :D. hmm.. ntar judulnya gini: belajar dengan pintar biar pintar. hahaha.. boleh2 aja dateng lagi, asal jangan nyolong ya =P

    @om_rame: hehehe.. pikiran gw emang selalu ke mana2.. hehehe..

    @gaelby: salam kenal juga. thanks ya udah follow :).

    ReplyDelete