Saturday, March 6, 2010

Jalan-Jalan Terus: Trip to Taiwan (Part 2)

Masih bercerita tentang Taiwan, gw ke Taiwan naek China Airlines. Pesawatnya bagus, menurut orang kampung kaya gw, yang ga pernah naek pesawat laen selain Air Asia dan Lion Air sebelumnya.

Formasi tempat duduknya 2-4-2, tapi di atas nomer 40, formasinya jadi 2-3-2. Di pesawat, tiap tempat duduk, ada TV-nya, film-film (up to date), lagu-lagu, games (ada multiplayer game juga), bisa melihat di mana kita berada, berapa lama lagi bakal sampe tujuan, bahkan bisa lihat pemandangan yang pilot lihat (walau yang gw lihat cuma awan-awan ga jelas).

Di pesawat, gw sempat nonton "The Invention of Lying". Film drama komedi ini ceritanya tentang dunia sebelum berbohong ditemukan. Sounds weird? Intinya sama seperti ketika Thomas Alva Edison belum menemukan bola lampu, ga ada orang yg pake lampu, bahkan, ga ada orang yg tahu apa itu bola lampu. Jadi, saat itu orang-orang selalu berkata dengan jujur dan mengungkapkan isi hati mereka secara terang-terangan, walaupun itu mungkin menyakitkan.

Selanjutnya.... kalo tertarik nonton aja sendiri, gw ga mau jadi spoiler.

Back to the topic, banyak kejadian lucu di Taiwan. Kebanyakan dikarenakan orang-orang Taiwan ga bisa bahasa inggris. Bahkan satu kata inggris pun belum tentu mereka ngerti. Contohnya, saat breakfast di hotel, koko gw mau minta garam buat makan telor setengah matang. Dengan gagah berani, dia mendekati si pelayan dan berkata:
"Can I have salt please?"
Si pelayan terlihat agak kebingungan.
"Salt," koko gw mengulangi.

(Untungnya, saat itu ada temen koko gw lewat, sebut saja namanya X. Langsung koko gw tanya,
"X, garem bahasa mandarinnya apa, sih?"
"盐巴 (yan ba)," X, sang penyelamat memberi tahu).

"盐巴," koko gw ngomong lagi ke pelayan itu, berharap dia mengerti.
"盐巴。 要什么? (Mau buat apa?)" si pelayan tadi malah bertanya balik.

Gw ama adek gw yang lagi duduk makan, ngakak pas denger ini. Anyway, tinggal ngasih garem aja apa susahnya sih, pake nanya-nanya mau buat apa segala. Repot, kan, buat ngejelasin kalo orang Indonesia biasanya makan telor setengah mateng pake garem. Nah garem yang diminta itu, buat makan telor setengah mateng supaya rasanya lebih sedap (yang terus terang, gw jg ga tau gimana bahasa mandarinnya). Koko gw udah frustasi, tanpa ngejawab, langsung balik ke tempat duduk.

Beberapa menit kemudian, dateng si pelayan yang laen membawakan semangkuk garem. Mangkuknya agak besar. Bayangin, semangkuk penuh garem!! Padahal buat makan telor setengah mateng, satu sendok kecil garem juga cukup buat tiga orang.

Keesokan harinya, kejadiannya mirip-mirip. Kita bertiga mau makan telor setengah mateng, tapi ga ada yang berani minta garem. Akhirnya, nyokap gw (yang emang pinter bahasa mandarin) yang mintain.

Beberapa menit kemudian, pelayannya dateng. Dia minta maaf dan bilang GAREMNYA HABIS!! HOTEL BINTANG 4 GA PUNYA STOK GAREM?!

Kita berempat takjub sekali mendengarnya!

Terus, garem kemaren satu mangkuk besar itu ke mana?? -_-!

0 comments:

Post a Comment