Sunday, April 12, 2015

Tiada Hari Tanpa Tawa: Pengalaman Medical Check-Up

Ilustrasi dokter
Gw punya banyak pengalaman lucu tapi menakutkan saat mengunjungi dokter. Semua ini disebabkan karena gw takut sama alat-alat medis. Ga usah ngomongin gunting atau pisau bedah, deh. Jarum aja, gw takut. Sebenernya, gw akuin, tes darah atau suntik itu ga sakit-sakit banget. Bahkan jatuh dari sepeda yang udah pernah gw alami berpuluh-puluh kali saat gw masih kecil, jauh lebih sakit. Tapi entah kenapa, gw tetep takut. Dan karena gw takut, hal-hal yang mungkin ga begitu sakit, terasa 100x lebih menyakitkan.

Balik ke topik. Duluuuu, untuk memperpanjang visa kerja, tiap tahun gw diwajibkan untuk melakukan medical check-up. Selama ini, gw pernah menjalani proses medical check-up sebanyak 3 kali: dua kali di klinik biasa di Kuala Lumpur dan sekali di rumah sakit umum di Jakarta.

Kalo check-up di klinik, urutan tesnya biasanya sebagai berikut: tes urin, ngecek tekanan darah, tes darah, dan X-ray. Anehnya, tiap mereka ngecek tekanan darah gw, gw selalu ditanyain:
"Apakah adik stress?"
"Semalam kurang tidur, kah?"
"Apa adik sedang gelisah atau under-pressure?"
"Tensinya, kok, tinggi sekali, ya? Biasanya memang beginikah?"
Yang akhirnya semua pertanyaan itu gw jawab dengan terus terang, "Iya, emang lagi takut," sambil menunjuk jarum untuk tes darah yang letaknya masih dalam ruangan yang sama.

Dikasih tau begitu, eeehhh, si perawat malah ketawa. Gw malah disuruh tutup mata, rileks, tarik napas, buang napas, tarik napas, buang napas, gitu terus beberapa kali. Dua kali gw check-up, dua kali juga gw harus ngelakuin kaya gini.

Tangan Gw Dipukulin!

Check-up pertama, gw ngerasa dokternya agak-agak aneh. Setelah cek tekanan darah selesai, gw dioper ke dokter buat ambil darah. Si dokter mukanya jutek, ga ada senyum-senyumnya. Entah karena dia kesulitan nemuin pembuluh darah gw atau memang mood dia lagi ga bagus, dia malah mukulin siku gw bagian dalam berkali-kali. Sampe MERAH! Ga sakit sih, tapi tetep aja MERAH. Gw ga berani komplen karena dia megang jarum sambil pasang tampang jutek. Setelah itu, tangan gw linu seharian.

Gw Ditusuk Berkali-Kali!

Check-up kedua, dokternya baik hati dan sabar. Tapi mungkin kurang berpengalaman dalam soal ambil-mengambil darah. Atau mungkin pasiennya aja kali ini yang nadinya ga keliatan gara-gara saking takutnya.

Gara-gara dia ga nemu pembuluh darah gw di lengan bagian dalam, dia mencoba mengambil darah dari punggung tangan, yang menurut dia pembuluh darahnya lebih keliatan.

Dicoba satu kali, ga ada darah yang keluar. Gw bilang, di situ kayanya ga bakalan bisa. Dari dulu, dokter selalu ngambil darah dari lengan bagian dalam. Gw berharap dia dengerin gw. Eeehh, dia tetap mau coba sekali lagi.

Kedua kali, tetep ga ada darah keluar. Gw udah berasa mau teriak-teriak dan nangis ngeliat ada 2 bolongan di punggung tangan gw, dan dia masih berencana mencoba sekali lagi.

Untungnya niat mencoba yang ketiga dia urungkan. Mungkin karena kasian ngeliat muka gw yang udah mau nangis.

"Adek makan dulu aja, biar lebih relaks," rupanya dia menyerah. Gw menggeleng, gw bilang kalo tes darah abis makan, takutnya hasilnya kurang cocok. Soalnya gw dulu pernah 1-2 jam abis makan langsung tes darah, hasilnya: kolestrol tinggi. Besok-besoknya pas tes lagi, ternyata normal.

Akhirnya si dokter tadi coba lagi ngambil dari siku, walau dia ga begitu yakin letak pembuluh darahnya. Untungnya, percobaan ketiga berhasil!! Gw menarik napas lega.

Anehnya, walau ditusuk berkali-kali, tangan gw ga linu kaya check-up yang sebelumnya.

Oh, EKG Gitu Doank?

Check-up ketiga gw lakukan di rumah sakit umum di Jakarta, sehingga prosedurnya lebih komplit dan harganya pun lebih mahal, sekitar Rp 600 ribu. Gw ga begitu inget urutannya, tapi gw inget tes darah itu dilakukan paling awal, setelah itu baru tes mata, tes kesehatan secara general, X-ray, EKG, dan tes kesehatan mulut dan gigi.

Kejadian lucu bermula saat gw berada di ruangan pemeriksaan elektrokardiografi (EKG). Gw disuruh buka baju beserta pakaian dalam, dan tidur di atas kasur yang udah disediakan. Awalnya gw bingung, kenapa gw harus buka baju segala? Gw tengok kiri kanan, dokter dan perawatnya cewek semua. Tapi tetep aja gw malu dan risih.

Gw pun nurut. Buka baju dan berbaring di kasur. Di samping kasur, ada sebuah mesin dengan banyak kabel. Beberapa kabel ada penjapitnya dan beberapa kabel lain ada bantalannya. Si perawat pun mengambil kabel yang ada penjapitnya, dan dijapitkan ke kedua pergelangan kaki dan pergelangan tangan gw. Terus dia ngambil beberapa kabel lain yang ada bantalannya, dan dipasang di sekitar dada gw, dekat payudara, yang sebelumnya sudah dikasih gel. Kira-kira seperti ini penampakannya:
Prosedur EKG (Aviva, 2015)
Sejujurnya, gw ga ngerti gw bakal diapain. Apakah prosedurnya bakal menyakitkan? Dalam bayangan gw, mungkin saat proses pemeriksaan dimulai, semua kabel ini bakalan ngalirin listrik! Gw deg-deg an dan pasrah. Gw liat si perawat lagi sibuk mencet-mencet tombol di mesin EKG, beberapa kali gw denger dia narik kertas dan menyobeknya. Hal tersebut berlangsung cukup lama, kurang lebih 5-10 menit.

Gw mulai mikir, jangan-jangan, ada masalah sama alatnya, mungkin tintanya habis. Abisnya, kok, pemeriksaannya ga mulai-mulai dan si perawat malah sibuk nyobekin kertas? Gw makin deg-degan.

Akhirnya si perawat nyamperin gw.
"Apakah adik stress?"
"Apa adik sedang gelisah atau under-pressure?"
"Detak jantungnya, kok, cepet banget, ya?"

Lho, jadi cuma gini doank toh meriksanya? Jadi, dari tadi mesin itu udah jalan? Ga ada setrum-setrumnya? Hati gw ketawa. Malu juga kalo si perawat sampe tau kalo gw ketakutan gara-gara gw pikir mau disetrum.

Akhirnya, gw cuma jawab kalo gw ga stress, ga gelisah, dan ga under pressure. Gw pun minta dicoba lagi, dia setuju. Syukurlah, setelah dicek sekali lagi, semuanya ternyata normal. Wah, kalo dari awal tau bahwa prosedurnya sama sekali tidak menyakitkan, mungkin gw bisa ketiduran. Hihihi.


Sekarang medical check-up ga diperlukan lagi buat memperpanjang visa, karena gw udah ganti tipe visa. Walaupun begitu, gw sadar kalo medical check-up itu penting, minimal setahun sekali, biar kalo ada apa-apa, bisa diobati sebelum terlalu parah. Ah, andai saja ada cara yang lebih tidak menakutkan untuk tes darah. 

Salam sehat!

2 comments:

  1. Kalau aku check-up malah dokternya yang sering heran, kok sehat-sehat aja. Padahal termasuk OB banget, ya mungkin karena rutin obat herbal juga makanya kadar gula, lemak, dan tekanan darah sesehat orang dengan berat badan ideal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sama donk. Gw juga sering makan obat herbal sama minum teh herbal. Katanya lebih bagus dan lebih alami.

      Dan untungnya, walaupun proses medical check up nya selalu bermasalah, untungnya hasilnya selalu bagus.

      Salam sehat :)

      Delete