Wednesday, July 9, 2014

Curhatan Anak Kuliahan: Lupa Jalan Pulang

Where is My Home? (Chuck, 2013)
Hari pertama sampe di KL, gw dijemput sama pihak kampus buat nyari hotel, soalnya nyokap gw ga diperbolehkan tidur di apartment kampus. Abis taro barang-barang dan check-in hotel, kita dibawa ke kampus untuk melengkapi prosedur pendaftaran dan soal administratif lainnya, termasuk sewa apartment.

Setengah jam kemudian, gw dianter ke apartment. Begitu ngeliat apartment nya, gw seneng banget. Apartment-nya lumayan besar dan bagus, karena gw dapet penthouse. Gw ambil master room, berdua sama anak Thailand yang baru gw kenal di bandara tadi. Kamarnya cukup besar dilengkapi 2 kasur single, 2 meja belajar, 2 kursi, 2 lemari baju, dan ada kamar mandi di dalam. Terus terang gw cukup puas, melebihi ekspektasi gw. Gw pun beristirahat sejenak, unpack my things, dan tidur-tiduran.

Yang penasaran mau liat apartment gw, bisa klik di sini.

Beberapa menit kemudian, gw sudah ada di hypermarket terdekat untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari, seperti sabun mandi, shampoo, gantungan baju, piring, gelas, selimut, dan sebagainya. Gw borong cukup banyak karena gw memang berencana untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari di sini. Ga cukup kopernya kalau semua bawa dari Indonesia.

Selesai belanja, gw nyari taksi mau balik. Tapi bentar, tunggu dulu, tunggu dulu:
APARTMENT GW TADI NAMANYA APA, YA? ALAMATNYA APA? JALANNYA KE MANA?

Gw diem dulu kaya patung. Otak gw sibuk nyari akal. Google? Smart phone aja belom punya. Oh, ya! Gw SMS aja temen sekamar gw nanyain nama apartment. Brilliant!

Beberapa menit kemudian, dia SMS balik.
'I think this is our apartment name: XXXXXX'
Gw bahagia.

Gw pun nyetop taksi, bilang kalo gw mau ke XXXXXX. Sopir taksi pertama ga tau apartment itu ada di mana. Sopir taksi kedua ga pernah denger ada apartment namanya itu. Sopir taksi ketiga cuma bisa bengong.

Gw diem lagi kaya patung. Otak gw sibuk nyari akal yang lain. Terngiang-ngiang peribahasa: 'Malu bertanya, sesat di jalan'. Oh, ya! Gw nanya orang kiri kanan aja. Brilliant!

Abis nanya kiri kanan 'Do you know any apartment nearby with this name?' sambil nyodorin HP, akhirnya ada seseorang yang tau. Ternyata, nama aprtment sebenernya bukan 'XXXXXX' tapi 'XXSTXX'! Gw bahagia, walaupun sedikit ngomel-ngomel: Ya ampun, cuma beda dikit doank, sopir taksi pada ga tau.

Super valuable lesson learnt. Sejak kejadian itu, gw selalu tahu nama tempat gw tinggal sebelum gw keluar-keluar. Kalaupun gw tinggal di hotel yang namanya pake bahasa lain, gw selalu simpen kartu nama hotel yang lengkap dengan alamatnya.

0 comments:

Post a Comment