Wednesday, June 22, 2011

Jalan-Jalan Terus: Eropa oh Eropa

Gw abis liburan ke Eropa Barat bareng-bareng sama bokap nyokap dan adek gw, ikut tour gitu. Maklum, bokap lagi dapet bonus. Seru juga sih, banyak pengalaman lucu, kesel, sampe aneh juga.

Eropa Barat (expatexplore)

Pertama-tama, untuk sampe ke sana, harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Flight gw ga langsung ke Eropa, tapi dari Jakarta ke Istanbul (transit dulu di Singapore) terus lanjut lagi Istanbul - Roma, yang kurang lebih memakan waktu 15 jam di pesawat (lumayan buat bikin pantat jadi kotak).

Awal-awal sampe di Roma, gw cukup lega karena akhirnya pekerjaan duduk-di-pesawat-sampe-pantat-kotak itu selesai. Sampe di airport pagi-pagi jam 9 (waktu GMT +2 saat Summer, gw lupa musim apa gitu yang GMT +1), langsung dijemput bus untuk city tour.

Yang gw baru tau, ternyata di Eropa, bus itu banyak aturannya. Bus ga bisa parkir atau berhenti sembarangan kaya di Indonesia gitu. Kalo sampe ketahuan berhenti sembarangan buat nurunin penumpang, bisa didenda.

Selain itu, dalam sehari, bus long-distance harus istirahat minimal 12 jam. Jadi kalo malem-malem nyampe hotel jam 10, besok pagi juga jalan jam 10 pagi. Dalam 12 jam perjalanan, minimal harus ada istirahat 2 x 30 menit. Banyak banget ya, aturannya. Mau bohong juga susah, karena setiap bus ada record perjalanan dalam bentuk CD, jadi mesti hati-hati.

Masih ada lagi, sopir bus, yang biasa disebut Coach Captain, (keren amet ya?), mesti hati-hati sama speed limit karena di jalan banyak CCTV. Hiiii...

Mau tahu ga berapa duit yang dikeluarkan buat mengisi solar? Dari tangki kosong sampe penuh, kalo di-rupiah-kan bisa mencapai SEPULUH JUTA RUPIAH satu kali isi. Wuuiihhh, ck ck ck. Tapi tenaaanngg, coach captain di sana gaji dan tips nya besaarr.

Udah bosen ngomongin soal bus? Hmm, kita beralih ke makanan sekarang. Kebanyakan orang Indonesia, kalo ga makan nasi ga kenyang. Bener ga, tuh? Naaahh, di Eropa, nasi itu jaraaanngg sekali ditemukan. Nasi cuma ada di restoran Chinese atau restoran Indonesia. Namun, jumlah restoran Chinese, apalagi restoran Indonesia, bisa dibilang minim dan rasanya kurang lezat. Breakfast di hotel, jangan harap ada nasi. Gw aja udah enek-enek makan telur, sosis, roti, cereal, susu, pizza, dan burger =P. Walau begitu, gw sendiri sih masih ok-ok aja, tapi bokap gw pusiiinngg, dia sehari minimal harus makan nasi satu kali.

Masih soal makanan, chili sauce susah ditemuin. Uugghh, untung gw udah persiapan bawa sendiri :D. Jadi bagi teman-teman yang mau ke Eropa, jangan lupa bawa chili sauce dan cabe-batangan-dibungkus-koran biar ga cepet busuk, karena di sanaaaa... juga ga ada cabe batangan.

Gw ke Eropa Barat ke beberapa negara yang cukup terkenal. Daftar perjalanan lengkapnya bisa dilihat di SINI. Nah, untuk masuk ke kota wisata seperti Pisa, Venice, mobil pribadi atau bus mesti bayar pajak masuk yang jumlahnya tidak kecil, berkisar 200-300 euro (untu bus, tidak peduli ada berapa penumpang dalam bus). Cukup mahal, ya? Ya.. di sana memang tidak ada yang murah, ke toilet umum aja bayar 0,5 - 1,5 euro (1,5 euro cuma di Venice doank).

Hmm.. cerita apa lagi, ya? Banyak sih yang mau diceritain, ntar nyusul satu-satu deh ceritanya. Tungguin aja! :D

3 comments:

  1. waw asik banget nih bisa ke eropa :D
    okee ditunggu next post nya yaaaa klo bisa cerita lengkap nya eheheheh :)

    ReplyDelete
  2. uwaaaa, senangnya, next post yaa. ditunggu pemirsa
    ^_^

    bawa gambar gw ga stefanie, buat foto2 gitu, jadi kesannya gw ikut gitu :p

    ReplyDelete
  3. anasaratu: oke :)

    Dewi Marhamah: ahahaha.. ada2, ntar u edit2 sendiri aja ye =P
    btw, gimana kabar u?

    ReplyDelete