Tuesday, April 10, 2012

Mari Lebih Peduli :D

Mari lebih peduli (sunrisemin.org)

Kalau saja kita lebih peduli, ga ada remaja dan wanita yang hamil di luar nikah, dan bayi-bayi terbuang. Yang kemudian harus tumbuh tanpa merasakan kasih sayang yang utuh, kemudian mereka bertanya-tanya: 'kalo begini jadinya, kenapa gw harus dilahirkan?'

Kalau saja kita lebih peduli, anak-anak remaja tidak akan terjerumus ke dalam tindak kriminal, hanya gara-gara keluarga yang tidak akur, ataupun kurangnya waktu dan perhatian orang tua terhadap kebutuhan mereka.

Kalau saja kita lebih peduli, mereka ga perlu bertengkar dengan orang tuanya dan pergi dari rumah.  Berjalan tak tentu arah, luntang-lantung mencari tempat tinggal dan penghidupan sendiri, berharap menemukan kebahagiaan tanpa campur tangan orang tua.

Kalau saja kita lebih peduli, ga akan ada mereka yang harus mempertaruhkan nyawa demi menuntut ilmu. Ato yang putus sekolah gara-gara masalah sepele: bobroknya fasilitas sekolah dan fasilitas umum yang menghubungkan tempat tinggal dan sekolah, tidak bisa membayar SPP yang jumlahnya hanya sekian ribu rupiah, para guru yang kurang berprikemanusiaan, ato gara-gara teman-teman sekelasnya sering mengolok-oloknya, menjadikan sekolah bagai di neraka bagi mereka.

Kalau saja kita lebih peduli, mereka ga perlu merendahkan harga diri mereka, 'menjual' diri mereka, mempertaruhkan kesehatan mereka demi memenuhi nafsu rendah, yang bahkan mungkin bisa merusak rumah tangga orang; hanya untuk membiayai dirinya sendiri, keluarga, ataupun kerabatnya.

Kalau saja kita lebih peduli, ga akan ada mereka yang mati sia-sia. Korban peluru nyasar, korban kesewenang-wenangan rumah sakit atau fasilitas masyarakat lain, korban perampokan dan pembunuhan, korban kekerasan, korban politik, korban narkotika, ataupun korban-korban lain yang mengatasnamakan cinta, kedamaian, negara, uang, harga diri, dan ego.

Kalau saja kita lebih peduli, mereka pasti punya tempat tinggal yang layak, pengobatan yang layak, pangan dan sandang yang layak, serta pekerjaan yang layak, setidaknya cukup layak untuk menghidupi dirinya sendiri.

Kalau saja kita lebih peduli, mereka ga perlu loncat dari gedung, gantung diri, minum racun, atau menyayat nadi karena mereka harus menghadapi masalah yang berat seorang diri. Merasa tidak punya teman berbagi, merasa tidak berguna dan mengambil kesimpulan his/her life is not worth fighting for.

Kalau saja kita lebih peduli, ga ada lagi binatang-binatang yang terbuang, tersiksa, terkurung, teraniaya, tertindas, atau diperlakukan seenak sendiri hanya karena mereka dianggap lemah, dan pada akhirnya mati sia-sia.


Kalau saja kita lebih peduli, kita sadar, ada banyak hal yang kita lewatkan, banyak hal yang kita tidak tahu dan tidak mau tahu. Banyak mereka yang membutuhkan bantuan, hanya saja mereka berpura-pura tegar. Apa ini karena tidak ada yang mau peduli lagi?

Kalau saja kita lebih peduli, kita bisa banyak belajar dari pengalaman orang lain. Kita jadi lebih memahami dan menghargai yang kita miliki dan mengerti apa itu 'rasa berterima kasih'.

Kalau saja kita lebih peduli...

----------

Kalau saja gw lebih peduli, mungkin gw bisa menyelamatkan, setidaknya satu semangat, satu jiwa, satu hati, satu nyawa.

Mari tunjukan kepedulian kita terhadap orang-orang dan lingkungan sekitar, untuk kehidupan yang lebih baik :)

0 comments:

Post a Comment