Thursday, April 1, 2010

Curhatan Anak Kuliahan: SMP - SMA, Masa-Masa yang Tak Terlupakan

Akhir-akhir ini gw sibuk. Bikin questionnaire, interview questions, literature review buat FYP gw. Tutorial yang juga bikin repot.. cari bahan, bikin slide, presentasi. Belom lagi mikirin tugas-tugas kuliah yang udah numpuk-numpuk, bahkan beberapa belom gw kerjain sama sekali. Udah gitu, sibuk maen Plants vs Zombies lagi.

Hmm... Kalo lagi sibuk-sibuk gini, gw jadi kangen masa SMP-SMA gw. Berasa waktu itu segalanya indah. Walau sebagian besar temen-temen gw doyan komplen soal ini itu, gw ga pernah komplen. Dan ga pernah ngerasa sibuk. Juga ga pernah nganggep semuanya serius. Berasa indah banget...

Tiap hari pulang sekolah maen PS, ato baca novel, ato maen 'The Sims', ato maen game laen, ato tidur, ato ngelakuin kegiatan ga jelas di kamar, ato berantem ama adek gw, ato pacaran, ato apapun namanya itu. Yang jelas bukan belajar dan bukan ngerjain PR.

Kalo ada PR, kalo mood ngerjain, ya dikerjain. Kalo ga mood ngerjain, ya kerjain asal-asalan terus besok pagi pinjem dan copy punya temen.

Kalo ada ulangan, kalo mood belajar, ya belajar sehari sebelumnya. Kalo ga mood, ya belajar setengah jam sebelum ulangan.

Sesantai itu gw jalanin SMP-SMA gw, setidak-serius itu gw jalanin SMP-SMA gw. Bahkan gw ga terlalu peduli soal nilai. Ga pernah gw mati-matian belajar cuma buat nilai bagus untuk pelajaran yang ga gw suka. Biologi dapet 3 ya ga apa-apa. Kewarganegaraan ga pernah dapet lbh dari 7 juga ga apa-apa.

Herannya, rapot gw bagus-bagus aja, malah gw dapet beasiswa, masuk SMA tanpa perlu bayar uang gedung yang jutaan (maklum, cuma ditentukan dari nilai UN, n semua pelajaran yang di-UN-kan itu andalan gw :P). Gw juga dapet potongan uang sekolah 100 ribu per bulan dari bank, alias gw cuma perlu bayar uang skul setengahnya doank.

Bolos pelajaran berkali-kali, ngumpet di UKS, ngerumpi di WC, maen-maen di lab komputer, kabur ke kantin, udah hal biasa bagi gw.

Dikeluarin dari kelas gara-gara ga ngerjain PR, dimarahin guru gara-gara ga bawa buku, dimarahin guru gara-gara dibilang 'menyepelekan' pelajaran, berantem ama temen, marah-marahin temen, bikin temen nangis, bentak-bentak guru sampe guru itu takut ama gw, marah-marahin kepala sekolah, semua udah pernah gw lakuin.

Kenapa gw bisa begitu santai n don't care sama pelajaran gw? Coz gw ga menganggap semuanya penting. Pelajaran-pelajaran tertentu gw sangat care. Tapi pelajaran-pelajaran tertentu, gw ga gitu peduli. Gw anti klo suruh mati-matian ngapalin hal-hal yang menurut gw 'ga guna'. Jadi, ya seperti itulah hasilnya.. Hahaha...

Tapi gw ga nyesel. Kalo boleh jujur, some subjects you learned in high school are useless. Sejarah misalnya, kecuali kalo kuliahnya jurusan yang nyerempet-nyerempet sama sejarah. Dari SD sampe SMA, gw mempelajari sejarah yang intinya itu-itu aja, topiknya diulang-ulang, tapi mungkin cuma 1% yang masih gw inget sampe sekarang. Hehe..

Maka dari itu, pas SMA, gw pengen cepet-cepet kuliah. Ambil jurusan yang gw suka, berharap gw ga dapet useless subject lagi. Gw mau bebas, ga mau terikat sama jam 7-14 lagi. Tapiii... kenyataannya lebih parah. Beberapa mata kuliah emang asik, tapi beberapa mata kuliah ga penting-penting banget. Kalo gw don't care, bisa-bisa gw fail. Kalo gw fail, mesti keluar duit buat remodule. Sayang banget duit dan waktu mesti terbuang kalo gw ga serius.

Hmm.. kuliah juga jauuuhh lebih sibuk. Banyak tugas yang harus dikerjain. Tugas-tugas di SMA ga ada artinya apa-apa dibanding tugas di kuliahan. Udah gitu mesti ngurus diri sendiri. Bangun pagi, pulang kampus, ga ad makanan tersedia di meja makan. Masak sendiri, cuci piring sendiri, ato pergi beli makan sendiri. Cuci baju sendiri, nyetrika sendiri, apa-apa serba sendiri (kecuali kalo pembantunya dibawa. Hehe...).

Tapi jangan takut untuk kuliah. Apa yang dipelajarin lebih berguna daripada SMA (menurut gw lho). Bukan cuma pelajaran, tapi juga nilai-nilai hidup yang bisa diambil. Saat SMP-SMA, cuma dikit yang udah berpikir tentang masa depan, sebagian besar cuma tau have fun aja. Saat kuliah, rata-rata udah tau apa yang mau dilakuin di masa depan, tapi tetep have fun.

Ketemu temen-temen baru dari berbagai negara dengan berbagai karakter, culture yang berbeda dan pandangan berbeda. It's fun!

----------

Haiz.. gw kok jadi ngaco kemana-mana gini sih topiknya? Hmm.. ya sudahlah, anggep saja tulisan saat gw pengen melarikan diri dari tugas-tugas.

Udah ah, mau maen duluuu... Wish me luck (buat FYP maksudnya, bukan buat game).

5 comments:

  1. betoL,betoL,betoL. masa2 tsb adaLah masa indah yg seperti suLit terLupakan, namum kiranya suLit tuk teruLang kembaLi.
    -----
    kunjungan perdana di akhir pekan, saLam kenaL.

    ReplyDelete
  2. Betul, betul, betul -> gaya upin ipin nih. hahaha.. :)
    makasih udah berkunjung..
    salam kenal juga.. ^^

    ReplyDelete
  3. itu fiLm favorit qu mbak. hehehehe.
    aq juga ada keLuarga di cirebon, tetapnya di kesambi jln dr.sutomo, aq sering main ksana karna memang makan ortu (bpk) disana (pronggoL).
    tambah gadget untuk ruang obroL2nya doooooong, mbak. hehehehehhe

    ReplyDelete
  4. upin ipin emg lucu, gw juga suka :D.

    oow.. sering ke cirebon toh..
    gw malah yg lahir di crb jarang pulang crb.
    kul jarang libur si.. hehe..

    iya ntar kapan2 gw tambahin chat box...

    ReplyDelete
  5. memang mbak kuLiah dimana?.
    ada FB kah? biar Lbh mudah chattnya. FB qu a/n OM RAME

    ReplyDelete